Arsip Tag: finansial

Solusi Bagi yang Mempunyai Hobi Mahal

Hobi setiap orang itu berbeda-beda ya, ada yang hobinya nonton di rumah tanpa keluar duit, ada juga yang hobinya melakukan hal yang perlu duit. Semuanya sah-sah aja kok, yang penting bikin happy tapi tidak jadi keborosan semata. Ingat ya, jangan sampai pengeluaran kamu lebih besar daripada pendapatan kamu. kalau kamu punya hobi mahal dan perlu duit, harus pintar mengatur keuangannya biar hobi tidak bikin kamu jadi miskin.

Kadang nih, karena mikir kalau kita punya penghasilan sendiri, kita jadi lebih merasa bahwa kita bebas menggunakan duit kita untuk apapun yang kita inginkan, salah satunya adalah yang terkait dengan hobi yang kita miliki. Tetapi sadar atau tidak, ada loh hobi-hobi yang ternyata justru membuat kita malah jadi banyak pengeluaran alias boros.

Contoh hobi yang membuat kantong jebol adalah hobi mengoleksi barang mahal atau branded, hobi beli gadget keluaran terbaru, hobi jajan terus, hobi nongkrong di cafe atau mall, hobi idol lovers (beli barang tentang idol / K-POP), hobi belanja barang yang tidak diperlukan.

Terus, apakah tidak boleh mempunyai hobi-hobi tersebut? Boleh kok. Sah-sah saja. Hobi itu kan emang perlu dilakukan sesekalisebagai bentuk hiburan kita dari banyaknya permasalahan hidup. Jadi, tidak masalah apabila kamu mempunyai hobi yang keluarin duit terus, asal kamu pintar atur keuangannya dan tidak memaksakan keuangan.

Cara Agar Hobi Tidak Bikin Kantong Jebol

12 Profitable Hobbies That Make Money (Start Today) (2021)

  1. Buat Anggaran Khusus Hobi
    Wajib banget untuk punya pos keuangan khusus untuk hobi kamu supaya dana yang keluar buat biaya hobi cukup berasal dari satu pos saja. Miaslnya, kamu budgetin satu bulan 15% dari gaji kamu, biar puas, tetapi jangan sampai kebanyakan ya.
  2. Jangan Pernah Ngutang Buat Hobi
    Duh, pokoknya jangan sampai ya kamu utang demi hobi. Berhutang itu cukup untuk kebutuhan produktif atau ketika memang keperluan mendesak saja. Kalau kamu utang terus buat hobi kamu, yang ada malah bikin kamu kmakin susah untuk mengontrol diri dan keuangan.
  3. Buat Hobi Jadi Bisnis
    Hobi ternyata selain memberikan kesenangan, bisa juga dijadikan sebagai lahan bisnis untuk menghasilkan cuan loh. Misalnya, kamu suka KPOP, kamu bisa jualin merchandisenya tuh di komunitas atau juga marketplace. Punya hobi makeup? Kamu bisa jadi MUA juga loh.
Hal yang Harus Disiapkan untuk Menjadi Ayah Siaga Keuangan

Hal yang Harus Disiapkan untuk Menjadi Ayah Siaga Keuangan

Dalam kehidupan rumah tangga, keadaan finansial haruslah bisa ditanggung dan didiskusikan bersma pasangan. Nah, sebagi ayah sekaligus kepala rumah tangga, sebaiknya kamu harus selalu siaga dengan pengeluaran rumah tangga di masa depan ya. Ada beberapa hal yang harus kau perhatikan untuk disiapkan nih.

Sebaiknya sebagai seorang ayah dan kepala rumah tangga mengelola keuangan dengan baik bersama pasangan. Bukan hanya mengelola keuangan saja, tetapi juga siaga dan memikirkan segala persiapan untuk masa depan nanti. Persiapan apa saja yang harus disiapkan sejak dini?

Persiapan Seorang Kepala Rumah Tangga yang Siaga Keuangan

5 Kunci Sukses Mengatur Perencanaan Keuangan Keluarga - Sahabat Pegadaian |  Solusi Gadai Terbaik - Tips Menabung Emas - Inspirasi Investasi Terbaik

  1. Dana Darurat
    Jumlah dana darurat harus ditambah. Kebutuhan semakin meningkat, ada anggota keluarga baru yaitu istri dan anak yang harus diberi nafkah. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan dengan anggota keluarga kamu. Kalau dahulu hanya untuk diri sendiri, sekarang harus ditambah sesuai jumlah anggota keluarga ya.
  2. Biaya Persalinan
    Bukan cuma ibu yang harus bersiap dengan kelahiran anak, sang ayah juga harus memastikan kalau biaya rumah sakit dan yang berkaitan sudah siap semua. Kalaubisa dari jauh hari mengumpulkan uangnya agar tidak dadakan. Hal ini bisa meminimalisir resiko mendadak yang dapat terjadi pada saat persalinan.
  3. Dana Pendidikan Anak
    Sebagai orang tua pasti kita ingin anaknya punya pendidikan yang bagus dong? Biaya pendidikan juga semakin lama semakin maha loh. Jadi kamu harus siapkan dari sekarang dengan investasi. Pastikan kamu rutin investasi setiap bulan untuk dana pendidikan anak agar anak kamu jgua dapat pendidikan yang baik dan layak ya.
  4. Asuransi Keluarga
    Coba cek asuransi dari tempat kerja kamu, apakah bisa menanggung kelaurga atau menanggung kamu saja. Jika masih menanggung diri sendiri, kamu bisa coba konsultasikan dengan HR atau kamu buat sendiri asuransi tambahan yang bisa menanggung sekeluarga.

Ternyata ada banyak juga ya persiapan yang harus disiapkan oleh kepala keluarga untuk menunjang keluarganya dari kemiskinan dan hidup susah. Tentu sebagai seorang ayah kita tidak ingin melihat keluarga kita tidak aman, bukan? Maka dari itu persiapkan dulu ya semuanya agar di masa depan bisa menjadi lebih cemerlang.

Challenge Menabung Ala K-Popers

Challenge Menabung Ala K-Popers

Kamu termasuk K-popers?‚ÄČ Di Indonesia semakin banyak aja nih yang suka sama musik atau drama dari Korea ini. Bahkan saking sukanya dengan artis Korea, para fans selalu memberi support dengan membeli album, merchandise, dan nonton konsernya. Meskipun harganya nggak bisa dibilang murah, tapi yang namanya udah niat sama komitmen mah apapun juga nggak ada yang nggak mungkin kan?

Nah, karena harus merogok kocek yang dalam, jadi K-popers tuh punya cara sendiri buat nabung gitu loh. Cara nabungnya juga unik, namanya #MoneySavingChallenge nih kalau yang Mindu temuin sih. Singkatnya, kalau si idola update sosial media, artinya harus nabung saat itu juga. Coba kamu baca lebih lengkapnya di atas ya, ini juga bisa kamu sesuaikan dengan idola kamu kok, maksudnya untuk kamu yang non k-popers ya.

Cara Menabung ala Kpopers

K-pop group Exo to release new album 'Don't Fight the Feeling' on June 7 |  South China Morning Post

Kamu tahu kan kalau orang yang suka K-Pop di Indonesia tuh cukup banyak. Nah, uniknya mereka itu punya kebiasaan menabung untuk membeli merchandise, tiket konser, album atau hal lain yang berkaitan dengan idolanya. Cara menabung ini bisa efektif loh bahkan ada yang bisa kumpulkan 4 juta dalam setahun.

Misalnya begini, kamu adalah fans dari EXO atau BTS. Jadi, setiap EXO atau BTS update di sosial medianya, entah di Twitter, Instagram, VLIVE atau lainnya, kamu harus menabung. Contohnya gini, kamu buat dulu aturannya sendiri, misalnya setiap personil EXO atau si BTS update di sosial medianya, tandanya kamu harus menabung sebesar Rp 20.000 (jumlah bisa kamu sesuaikan sendiri).

Nah, kalau K-popers kan biasanya duit yang terkumpul itu akan dibelikan untuk merchandise atau album idolanya. Tapi kalaupun nggak dipakai untuk beli, duitnya bisa dipakai buat yang lain juga. Bayangin aja kalau si idola tersebut setiap hari update sosmed, kan jadi nabungnya setiap hari. Bakalan terkumpul cepat kan duitnya?

Buat kamu yang non K-popers juga bisa coba cara ini kok. Tidak harus artis korea, bisa saja artis Indonesia, artis barat, idola kamu atau bahkan gebetan kamu. Yang penting bisa bikin kamu jadi termotivasi dan rajin menabung gitu loh.

Kaum Milenial Sering Di Ghosting Duit Gajian

Kaum Milenial Sering Di Ghosting Duit Gajian

Kalau di ghosting sama gebetan mah udah biasa, tapi kalau di ghosting sama duit gajian tuh lebih nyesek deh rasanya. Bener nggak? Ada nggak sih yang ngerasa duit gajian tuh cuma numpang lewat rekening doang? Kayak berasa di ghosting gitu jadinya. Baru jgua senang abis gajian, tiba-tiba duitnya udah ngilang gatau kemana. Kenapa sih sebenernya hal ini bisa terjadi?

Penyebab Duit Gajian Sering Numpang Lewat

10 Meme 'Abis Gajian' Ini Bikin Ngakak Walau Duit Hanya Numpang Lewat

Hal ini sering sekali terjadi di zaman sekarang. Kalau kita melihat ke 10 tahun silam, rasanya mayoritas para senior sangat mudah sekali menabung dan menyisihkan duit gajian. Namun, semakin berkembangnya zaman membuat kita semakin banyak tahu dan membuat kita membeli barang entah itu perlu atau tidak.

Ada beberapa hal yang menyebabkan duit gajian cuma lewat saja. Apa aja sih faktor-faktor tersebut?

  1. Tidak membuat list belanja

    Di mall atau marketplace tiba-tiba melihat tas lucu langsung beli, melihat makanan enak langsung beli, apalagi ada yang diskon, entah barangnya dibutuhkan atau tidak langsung saja dibeli. Ini nih penyebab utama duit gajian ngilang gitu aja. Harusnya dibikin list rencana belanja biar tau duitnya mau dipakai buat apa aja.

  2. Sering playing victim

    Maksudnya tuh sering menyalahkan oran glain atau keadaan gitu kalau duitnya habis. Contohnya adalah nyalahin promo 12.12, atau nyalahin iklan YouTube yang bikin tergoda pengen beli. Padahal ya, yang klik tombol checkout kan diri sendiri. masa nyalahin yang lain?

  3. Tidak punya prioritas dan tujuan jelas

    Sebenarnya tau gitu kalau harus bayar listrik, air, cicilan, dan lainnya tapi ditunda dan lebih utamain senang-senang dulu. Akhirnya duitnya habis terus pusing deh mikirin bayarnya. Harusnya dibuat tujuan yang jelas deh jangka pendek dan panjangnya tuh apa. Dari prioritas tersebut baru ditentuin apa yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

  4. Kebiasaan ngutang

    Utang itu udah jadi hal yang biasa. Kalau duit kurang ya pakai PayLater, kartu kredit atau pinjam duit ke pinjol gitu. Hal inilah yang membuat para kaum milenial terjebak utang dan duit gajian habis hanya untuk gali lubang dan tutup lubang. kalau gini terus kapan punya duitnya dong?

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sering di ghosting oleh duit gajian? Kalau iya, dari faktor mana saja nih yang membuat kamu di ghosting? Semoga kedepannya keuangan kamu bisa lebih sehat ya!