Arsip Tag: resep masakan

Siomay Cemilan yang Masyarakat Tiong Hoa

Siomay merupakan salah satu cemilan yang biasanya kita konsumsi pada sore hari. Dilansir dari wikipedia, awalnya siomay merupakan makanan yang dibuat oleh imigran tiong hoa yang ada di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, akhirnya siomay pun menjadi sangat terkenal dan diminati oleh banyak masyarakat Indonesia.

Dibawah ini kita akan membahas bagaimana cara membuat siomay nih. Ternyata sangat mudah dan memerlukan bahan yang sederhana. Apalagi di zaman pandemi ini, lebih baik apabila kita masak sendiri di rumah untuk tetap menjaga kebersihan makanan.

Kemaren bikin siomay ngukusnya pakai Steam Cooker Signora enak bangeett dan praktis poll gak pake ribet. Steam cooker signora ini bisa mengukus 3 susun sekaligus moms, aku bikin siomaynya cuma 3 ons jadi cuma paka 1 susun aja. Hasil kukusnya sangat sempurna cara pakainya pun sangat gampang bisa lihat di video. Wajib punya steam cooker Signora moms keren habis.

Bagi yg halal bisa ganti ayam udang

Siomay babi udang

20 lembar kulit siomay yg bulat
200 gr daging kapsim cincang
100 gr udang laut cincang
6 sdm tepung sagu
1/2 bawang bombay cincang
3 siung bawang putih cincang
1 butir telur
1 batang wortel parut
Buat di atas siomay

2 sdt kaldu jamur
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdt kecap asin
2 sdm saos tiram
2 sdm minyak wijen
Lada

Campur semua bahan kecuali wortel, isi ke kulit pangsit taruh parutan wortel di atas nya kukus 25 menit angkat
Ato bisa kukus satu dulu tes rasa.

Sambel siomay

15 bh cabe keriting
10 bh cabe rawit merah
3 sdm saos sambel
5 siung bawang putih
1 sdt tepung beras larutkan dengan sedikit air
Cuka
Gula
Garam
200 ml air

Rebus cabe dan bawang putih sampai layu angkat airnya jangan di buang
Blender cabe dan bawang putih sampai halus lalu masak lagi bersama sisa air rebusan masukan saos sambel ,gula,garam,cuka masak sampai matang baru masukan larutan air tepung beras aduk sampai rada dan agak kental ( jangan terlalu kentan)
Angkat
Rasanya nano nano ya
Sambel yg suka halus bisa di saring ya
Selamat mencoba

Keluarga Anda Pasti Suka Masakan Ini

AYAM MERAH PANGGANG
1 ekor ludes seketika
Ayamnya lembut banget, bumbunya meresap, manis gurih wangi

1 ekor ayam kampung belah dua.
6 bawang putih dan 1sdm angkak ( bilas dengan air) lalu blender halus.

Siapkan panci presto, tambahkan 1 liter air, bumbu halus, saos bbq 100gr, saos tiram, kecap manis, kecap inggris, gula dan garam.
Utk aroma tambahkan 3 bunga lawang dan 1batang kecil kayu manis
Aduk rata, masukan ayam lalu presto 1/2 jam dengan api sedang.
Setelah ayam empuk bakar dengan di olesin sisa bumbu dan kecap manis.
Saosnya, pakai sedikit sisa air rebusan koreksi rasa, masak dan kentalkan dengan maizena.

Tahu kecap jamur
Rollade Ikan Tenggiri

Bahan utama :
500grm daging ikan tenggiri pilih tenggiri yang tidak terlalu besar.

Bahan pelengkap :
1 buah wortel ukuran sedang rajang kecil2
5 batang Daun bawang kecil, iris
2 lbr daun seledri iris halus

Bumbu:
1/2 buah bawang bombai
1 sdm bawang putih goreng
1 sdt lada bubuk
1,5 sdt garam
1,5 sdt gula
2 sdt penyedap jamur
2 buah putih telur
75 ml air

75gr tepung sagu.
Telur untuk kulit, saya pakai 5buah dikasih garam dan sedikit tepung sagu. Kocok rata lalu di dadar tipis.

Cara :
Masukan ikan dalam food procesor tambahkan air blen hingga halus, masukan semua bahan bumbu. Blen sampai semuanya halus dan rata.

Tuang adonan di wadah tambahkan wortel, daun bawang dan seledri, ratakan dan terakhir masukan sagu sambil diulenin hingga adonan siap.

Ambil sebagian adonan ratakan di atas telur dadar, lalu gulungkan. Setelah tergulung letakan di plastik wrapping lalu padatkan dengan cara plintir2 ujung kiri kanan plastik.
Lakukan smp adonan habis lalu kukus hingga matang.

Nasi kuning Ayam Bakar
Uuu… lama emak gak makan pete ni

Ayamnya diungkep dengan bumbu kuning sampai empuk
Baru dibakar sambil di olesin sisa bumbu dan kecap manis.
Nasinya dimasak dengan air ungkepan ayam, ambil sedikit aja airnya supaya bumbunya gak terlalu medok.
Untuk sambal, ulek cabe rawit ijo, cabe merah dan bawang putih tambahkan garam dan sedikit gula lalu siram dengan minyak panas.

Kreasi Ide Masakan Harian yang Sederhana dan Mudah

Jangan khawatir jika kamu kehabisan ide menu masakan setiap hari. Disini kita akan membahas beberapa resep makanan yang sangat mudah dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memasak. Cocok sekali buat anda yang sangat sibuk dan ingin masak makanan yang simple dan lezat.

BAKWAN JAGUNG

.Bahan :
. 2 btg jagung manis – serut
. 1 btr telur
. 5 sdm terigu
. 1 btg seledri
. 1 btg daun bawang
. 2 baput kating
. 1 sdt kaldu jamur
. Garam secukupnya
. Minyak goreng secukupnya

. Cara :
. Blender semua bahan sisihkan
. Panaskan minyak goreng, goreng hingga kuning keemasan
. Sajikan

TELUR KECAP

. Bahan :
. 8 butir telur ayam rebus – kupas
. 700ml air
. 3 sdm minyak goreng

. Bumbu :
. 4 baput kating – haluskan
. ½ sdt lada bubuk
. Bawang merah goreng
. Kecap sesuai selera
. 2 sdm gulpas
. Garam secukupnya

. Cara :
. Tumis baput sampai harum, masukan telur rebus, tuang air.
. Masukkan sisa bumbu kecuali bawang merah goreng.
. Tutup, masak dg api kecil sampai telur berubah warna & keras (sesekali dibalik)
. Taburi bawang merah goreng & sajikan

TUMIS KERANG PEDAS

Bahan :
. 350gr kerang hijau kupas
. 1bh jeruk nipis
. 100ml air putih

Bumbu :
. Segenggam cabe keriting merah – iris
. Segenggam rawit merah – iris
. 6 bamer – iris
. 4 baput kating – iris
. Sejempol laos – geprek
. 4 dn jeruk – buang tulang
. 4 daun salam
. 2 btg serai ambil putihnya – rajang halus
. 3sdm kecap ikan
. Garam
. Gulpas
. Kaldu jamur

Cara :
. Cuci bersih, buang rambut2nya & beri jeruk nipis. Cuci lagi.
. Tumis baput, bamer sampai matang, masukkan cabe, salam, laos, dn jeruk, serai, kerang, garam, gulpas, kaldu jamur, kecap ikan.
. Tuang air dan tutup ungkep sebentar dengan api kecil.
. Setelah air menyusut, tes rasa & sajikan.

PERKEDEL KENTANG

Bahan :
. 1 kg kentang
. 1 btr telur
. 75gr dg sapi cincang
. 1 btg daun bawang rajang halus
. 1 btg seledri rajang halus
. 2 sdm bawang merah goreng
. 1 sdt kaldu jamur

Bumbu halus :
. 4 baput (goreng)
. 7 bamer ( goreng)
. Merica
. Garam

Cara :
. Kentang di kupas, potong & rendam air garam. Goreng & haluskan.
. Aduk merata semua bahan (kecuali telur) & bumbu halus
. Bentuk sesuai selera & celupkan di kocokan (telur & kaldu jamur)
. Goreng sampai kekuningan & sajikan