Arsip Tag: makanan

Siomay Cemilan yang Masyarakat Tiong Hoa

Siomay merupakan salah satu cemilan yang biasanya kita konsumsi pada sore hari. Dilansir dari wikipedia, awalnya siomay merupakan makanan yang dibuat oleh imigran tiong hoa yang ada di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, akhirnya siomay pun menjadi sangat terkenal dan diminati oleh banyak masyarakat Indonesia.

Dibawah ini kita akan membahas bagaimana cara membuat siomay nih. Ternyata sangat mudah dan memerlukan bahan yang sederhana. Apalagi di zaman pandemi ini, lebih baik apabila kita masak sendiri di rumah untuk tetap menjaga kebersihan makanan.

Kemaren bikin siomay ngukusnya pakai Steam Cooker Signora enak bangeett dan praktis poll gak pake ribet. Steam cooker signora ini bisa mengukus 3 susun sekaligus moms, aku bikin siomaynya cuma 3 ons jadi cuma paka 1 susun aja. Hasil kukusnya sangat sempurna cara pakainya pun sangat gampang bisa lihat di video. Wajib punya steam cooker Signora moms keren habis.

Bagi yg halal bisa ganti ayam udang

Siomay babi udang

20 lembar kulit siomay yg bulat
200 gr daging kapsim cincang
100 gr udang laut cincang
6 sdm tepung sagu
1/2 bawang bombay cincang
3 siung bawang putih cincang
1 butir telur
1 batang wortel parut
Buat di atas siomay

2 sdt kaldu jamur
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdt kecap asin
2 sdm saos tiram
2 sdm minyak wijen
Lada

Campur semua bahan kecuali wortel, isi ke kulit pangsit taruh parutan wortel di atas nya kukus 25 menit angkat
Ato bisa kukus satu dulu tes rasa.

Sambel siomay

15 bh cabe keriting
10 bh cabe rawit merah
3 sdm saos sambel
5 siung bawang putih
1 sdt tepung beras larutkan dengan sedikit air
Cuka
Gula
Garam
200 ml air

Rebus cabe dan bawang putih sampai layu angkat airnya jangan di buang
Blender cabe dan bawang putih sampai halus lalu masak lagi bersama sisa air rebusan masukan saos sambel ,gula,garam,cuka masak sampai matang baru masukan larutan air tepung beras aduk sampai rada dan agak kental ( jangan terlalu kentan)
Angkat
Rasanya nano nano ya
Sambel yg suka halus bisa di saring ya
Selamat mencoba

Agar Anak Makan dengan Lahap dan Sehat

PANGSIT UDANG SYEDEP SHAYENK.
Anak – anak pasti lahap deh kalau makan makanan satu ini. Cara buatnya juga sangat mudah dan simple loh. Salah satu makanan favorit mamak, gak pernah bosen.
Pangsit udang.
100gr udang kupas
1sdt penyedap jamur
1sdm flat sagu
1/4 sdt lada bubuk.
Kulit pangsit secukupnya.

Bahan kuah
Panaskan kaldu ayam, tambahkan bawang putih goreng, penyedap, lada bubuk.

Permisi Si ijo mau Lewat.
Lama gak baking ni, seperti biasa kalau anak makan 1-2 potong, sisanya emaknya yg makan
Makanya agak males baking bisa kyk drum body emak.
Kalian yg sering baking, serius mamak mau tanya siapa yg paling byk makan

Ini ada coklat goldenfil jd praktis buat olesan apa aja.

Resep
5 kuning telur
2 telur utuh
65 gr terigu
1sdt SP
1sdm maizena
20gr susu bubuk
100gr gula halus.
Campur semua bahan mixer dgn kecepatan tinggi, smp ngembang kental.
Matikan mixer tambahkan beberapa tetes pasta pandan dan 100gr butter yg sdh di cairkan sebelumnya. Aduk rata.
Tuang di loyang 24×24 yg sdh di oles margarin dan kertas roti.
Oven 160° api atas bawa 40menit.
Oles goldenfill (aku pakai rasa susu)
Lalu gulungkan.

Gyoza Ayam ala ala makfoodies guys
Dgn bahan yg ada aja di rumah.
Rasanya enak, pas cocol saos sambel pecah di mulut
Ini versi mamak yg simple, share dong versi kalian

Bahan :
100gr daging ayam cincang halus
1sdm maizena
1/2 batang wortel rajang halus
4-5 batang daun bawang kecil.
1sdt gula pasir
3/4 sdm kaldu ayam bubuk totele.
1/4 sdt lada bubuk.
Kulit pangsit secukupnya.
Mau pakai minyak wijen jg oke, jd lb wangi.

DIGILING, DIGULUNG, DIMAKAN
Makasih ya ayam sudah mencukupi gizi emak dan anak2.
Guys ini ayam gulung kulit tahu ala2 makfoodies.
Pas di goreng, wangi serumah2 padahal pakai bumbu seadanya.
Soal rasa wenak rek anak2 suka.

Bahan
350gr ayam giling (paha+dada) campur
4-5 bawang putih
1/2 bawang Bombay
1sdt garam
1,5 sdt penyedap jamur
1/2 sdt lada bubuk
1sdt gula pasir.

Kreasi Ide Masakan Harian yang Sederhana dan Mudah

Jangan khawatir jika kamu kehabisan ide menu masakan setiap hari. Disini kita akan membahas beberapa resep makanan yang sangat mudah dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memasak. Cocok sekali buat anda yang sangat sibuk dan ingin masak makanan yang simple dan lezat.

BAKWAN JAGUNG

.Bahan :
. 2 btg jagung manis – serut
. 1 btr telur
. 5 sdm terigu
. 1 btg seledri
. 1 btg daun bawang
. 2 baput kating
. 1 sdt kaldu jamur
. Garam secukupnya
. Minyak goreng secukupnya

. Cara :
. Blender semua bahan sisihkan
. Panaskan minyak goreng, goreng hingga kuning keemasan
. Sajikan

TELUR KECAP

. Bahan :
. 8 butir telur ayam rebus – kupas
. 700ml air
. 3 sdm minyak goreng

. Bumbu :
. 4 baput kating – haluskan
. ½ sdt lada bubuk
. Bawang merah goreng
. Kecap sesuai selera
. 2 sdm gulpas
. Garam secukupnya

. Cara :
. Tumis baput sampai harum, masukan telur rebus, tuang air.
. Masukkan sisa bumbu kecuali bawang merah goreng.
. Tutup, masak dg api kecil sampai telur berubah warna & keras (sesekali dibalik)
. Taburi bawang merah goreng & sajikan

TUMIS KERANG PEDAS

Bahan :
. 350gr kerang hijau kupas
. 1bh jeruk nipis
. 100ml air putih

Bumbu :
. Segenggam cabe keriting merah – iris
. Segenggam rawit merah – iris
. 6 bamer – iris
. 4 baput kating – iris
. Sejempol laos – geprek
. 4 dn jeruk – buang tulang
. 4 daun salam
. 2 btg serai ambil putihnya – rajang halus
. 3sdm kecap ikan
. Garam
. Gulpas
. Kaldu jamur

Cara :
. Cuci bersih, buang rambut2nya & beri jeruk nipis. Cuci lagi.
. Tumis baput, bamer sampai matang, masukkan cabe, salam, laos, dn jeruk, serai, kerang, garam, gulpas, kaldu jamur, kecap ikan.
. Tuang air dan tutup ungkep sebentar dengan api kecil.
. Setelah air menyusut, tes rasa & sajikan.

PERKEDEL KENTANG

Bahan :
. 1 kg kentang
. 1 btr telur
. 75gr dg sapi cincang
. 1 btg daun bawang rajang halus
. 1 btg seledri rajang halus
. 2 sdm bawang merah goreng
. 1 sdt kaldu jamur

Bumbu halus :
. 4 baput (goreng)
. 7 bamer ( goreng)
. Merica
. Garam

Cara :
. Kentang di kupas, potong & rendam air garam. Goreng & haluskan.
. Aduk merata semua bahan (kecuali telur) & bumbu halus
. Bentuk sesuai selera & celupkan di kocokan (telur & kaldu jamur)
. Goreng sampai kekuningan & sajikan