Arsip Tag: melek finansial

Ajarkan Anak Budaya Menabung Sejak Dini

Ajarkan Anak Budaya Menabung Sejak Dini

Mengenalkan dan mengajarkan anak untuk menabung dan mengelola keuangannya sejak kecil itu bisa berpengaruh banget loh saat si anak beranjak dewasa. ‚ÄČKalau si anak udah melek finansial sejak kecil, pas dewasa nanti dia akan jadi udah terbiasa untuk mengelola keuangannya dengan mindset yang baik dan nggak merasa kesulitan. Nah, sebagai orang tua pasti pengen dong menanamkan kebaikan untuk anaknya?

Kalau kamu sendiri, gimana sih cara kamu ngajarin anak menabung sejak dini? Atau masih inget nggak ajaran orang tua kamu dulu tuh gimana? Ngajarin si kecil menabung duit yang dimilikinya itu sebaiknya dilakukan sejak dini bahkan sebelum sekolah. Kenapa? Supaya saat beranjak dewasa si anak sudah melek finansial dan bijak dalam mengelola keuangannya karena sudah terbiasa sejak kecil.

Beberapa Hal yang Bisa Diajarkan ke Anak

Pentingnya Menabung Sejak Kecil

  1. Jika disuruh orang tua beli sesuatu di warung, ajarkan untuk menyimpan uang kembaliannya bukan dihabiskan untuk membeli jajanan lain.
  2. Contohkan anak untuk rajin dan rutin mengumpulkan uang ke dalam celengan ayam atau kaleng yang ada gambar-gambar lucu.
  3. Beri upah jika anak membantu pekerjaan rumah agar si anak tau cara mendapatkan uang itu perlu usaha tidak instan.
  4. Ajak si anak untuk menonton acara TV tentang menabung atau keuangan. Bisa juga dari sumber lain contohnya Youtube. Hal ini agar anak menormalkan kebiasaan menyisihkan dan menyimpan uang sejak kecil.
  5. Pada hari raya, ajarkan anak untuk mengumpulkan uang yang didapat untuk ditabung demi keperluannya di masa depan.
  6. Buatkan rekening khusus untuk anak di Bank dan sesekali ajak ke Bank agar tahu bagaimana cara menyimpan uang yang aman.

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Oleh Orang Tua

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua jika sedang mengajari sang anak tentang keuangan.

  1. Tidak perlu selalu menuruti keinginannya.
  2. Berikan pengertian bahwa setiap keinginan itu harus dipenuhi dengan cara menabung.
  3. Berikan reward ketika si kecil berhasil menabung dengan rutin atau mencapai jumlah tertentu. Hal ini agar si anak semakin semangat dalam menabung.

Jika kebiasaan ini mulai dilatih sejak kecil, maka secara tidak langsung kamu sudah mengajarkan anak untuk hidup mandiri dalam menggapai kesuksesannya kelak loh. Jadi, sudah tau kan beberapa hal untuk mengajarkan anakmu menabung sejak dini?