Arsip Tag: investasi

Solusi Bagi yang Mempunyai Hobi Mahal

Hobi setiap orang itu berbeda-beda ya, ada yang hobinya nonton di rumah tanpa keluar duit, ada juga yang hobinya melakukan hal yang perlu duit. Semuanya sah-sah aja kok, yang penting bikin happy tapi tidak jadi keborosan semata. Ingat ya, jangan sampai pengeluaran kamu lebih besar daripada pendapatan kamu. kalau kamu punya hobi mahal dan perlu duit, harus pintar mengatur keuangannya biar hobi tidak bikin kamu jadi miskin.

Kadang nih, karena mikir kalau kita punya penghasilan sendiri, kita jadi lebih merasa bahwa kita bebas menggunakan duit kita untuk apapun yang kita inginkan, salah satunya adalah yang terkait dengan hobi yang kita miliki. Tetapi sadar atau tidak, ada loh hobi-hobi yang ternyata justru membuat kita malah jadi banyak pengeluaran alias boros.

Contoh hobi yang membuat kantong jebol adalah hobi mengoleksi barang mahal atau branded, hobi beli gadget keluaran terbaru, hobi jajan terus, hobi nongkrong di cafe atau mall, hobi idol lovers (beli barang tentang idol / K-POP), hobi belanja barang yang tidak diperlukan.

Terus, apakah tidak boleh mempunyai hobi-hobi tersebut? Boleh kok. Sah-sah saja. Hobi itu kan emang perlu dilakukan sesekalisebagai bentuk hiburan kita dari banyaknya permasalahan hidup. Jadi, tidak masalah apabila kamu mempunyai hobi yang keluarin duit terus, asal kamu pintar atur keuangannya dan tidak memaksakan keuangan.

Cara Agar Hobi Tidak Bikin Kantong Jebol

12 Profitable Hobbies That Make Money (Start Today) (2021)

  1. Buat Anggaran Khusus Hobi
    Wajib banget untuk punya pos keuangan khusus untuk hobi kamu supaya dana yang keluar buat biaya hobi cukup berasal dari satu pos saja. Miaslnya, kamu budgetin satu bulan 15% dari gaji kamu, biar puas, tetapi jangan sampai kebanyakan ya.
  2. Jangan Pernah Ngutang Buat Hobi
    Duh, pokoknya jangan sampai ya kamu utang demi hobi. Berhutang itu cukup untuk kebutuhan produktif atau ketika memang keperluan mendesak saja. Kalau kamu utang terus buat hobi kamu, yang ada malah bikin kamu kmakin susah untuk mengontrol diri dan keuangan.
  3. Buat Hobi Jadi Bisnis
    Hobi ternyata selain memberikan kesenangan, bisa juga dijadikan sebagai lahan bisnis untuk menghasilkan cuan loh. Misalnya, kamu suka KPOP, kamu bisa jualin merchandisenya tuh di komunitas atau juga marketplace. Punya hobi makeup? Kamu bisa jadi MUA juga loh.