Arsip Harian: 7th Februari 2023

Apa Saja Efek Jangka Pendek dan Jangka Panjang dari Minum Alkohol?

Di dunia, kita pasti tidak mungkin bebas dari masalah  yang dapat memicu stres. Masing-masing orang memiliki caranya untuk menghilangkan stres pada dirinya  beberapa orang memiliki cara menghilangkan stres dengan minum minuman beralkohol. Beberapa orang minum minuman beralkohol untuk membuat dirinya lebih rileks ataupun dikarenakan alasan lain. 

Alkohol memang dapat membuat diri kita rileks, meningkatkan kebahagiaan dan meningkatkan percaya diri. namun jika minuman beralkohol diminum secara berlebihan dapat berdampak negatif bagi tubuh. 

1. Efek jangka pendek

Efek jangka pendek yang diberikan dari minuman beralkohol Adalah perasaan rileks dalam diri , rasa pusing, suasana hati yang berubah sakit kepala, kehilangan koordinasi, mual dan muntah, kehilangan kesadaran. Ketika minum minuman beralkohol kita bisa menyebabkan efek yang  lebih besar seperti kecelakaan dikarenakan kehilangan koordinasi dan minuman beralkohol mempengaruhi perilaku, Cedera juga bisa terjadi dikarenakan alkohol, hal lain yang bisa terjadi adalah kekerasan. Dikarenakan perilaku seseorang dan suasana hatinya bisa berubah maka bisa timbul kekerasan seperti pembunuhan kekerasan seksual hingga bunuh diri. Hal lain yang bisa terjadi adalah seorang yang terlalu banyak  minum minuman beralkohol memiliki resiko keracunan alkohol dikarenakan kadar alkohol di dalam dirinya terlalu tinggi. 

Kadar alkohol dalam darah akan menentukan efek alkohol tersebut pada sistem saraf. Orang yang  minum minuman beralkohol terlalu banyak dalam waktu yang sedikit maka risiko mengalami overdosis alkohol atau keracunan alkohol sangat besar. Karena  minum-minum alkohol dalam jumlah yang besar sangat membebani kemampuan tubuh untuk membersihkan aliran darah sehingga hal ini mengganggu fungsi otak dan organ lain dikarenakan darah yang mengalir mengandung kadar alkohol yang tinggi.

2. Efek jangka panjang dari minum alkohol

Minum minuman beralkohol memang dapat memberikan rileks dan kenyamanan sementara, namun minum minuman beralkohol  memiliki efek jangka panjang bagi kesehatan dan tubuh kita .

Berikut adalah beberapa dampak jangka panjang dari alkohol jika diminum secara terus-menerus:

  1. Suasana hati yang terus berubah dan emosi yang tidak terkontrol.
  2. Mengalami gangguan tidur atau sulit tidur yang biasa disebut insomnia.
  3. Kekebalan tubuh yang semakin melemah sehingga mudah terkena penyakit.
  4. Kecanduan alkohol.

Memang dengan meminum minuman beralkohol bisa membuat tubuh menjadi rileks serta meningkatkan percaya diri.Tetapi efek samping dari alkohol lebih besar jika dibandingkan dengan  ketenangan sesaat.