Ragam Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Selada merupakan tanaman yang masuk dalam jenis sayur-sayuran dan mempunyai warna hijau cerah dan bergelombang pada daun sayurnya. Daun selada sering digunakan menjadi lalapan bahan tambahan pada makanan seperti salad, burger juga pada makanan gado-gado.

Selada dapat memberikan rasa segar pada makanan dan mengandung nutrisi yang antara lainnya seperti serat, asam folat, vitamin K, kalium, vitamin A, kalsium juga zat besi. Daun selada dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan dikonsumsi secara rutin. Kandungan vitamin yang ada pada selada dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik agar tidak mudah terkena serangan berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Berikut ini beberaparagam manfaat daun selada bagi kesehatan tubuh yang dapat diketahui manfaatnya:

1.Mengontrol kadar gula darah

Selada mempunyai indeks glikemik juga kalori yang sangat rendah. Dengan konsumsi daun selada dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar menjadi normal. Daun selada dapat dikonsumsi secara rutin agar kadar gula darah di dalam tubuh menjadi baik dan dapat membantu mencegah terjadinya diabetes.

2. Membuang racun

Daun selada mengandung mineral yang dapat membuang racun yang ada didalam tubuh dan dapat menjaga keseimbangan asam yang ada. Dengan seimbangnya kadar asam didalam tubuh maka dapat menjadi energi berlebih untuk tubuh juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

3. Mengatasi insomnia

Lactucarium yang ada pada cairan putih saat selada dipotong mempunyai sifat rileks yang hampir sama dengan opium. Dengan makan selada atau minum jus selada secukupnya dapat membantu mengatasi insomnia.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat juga selulosa yang ada pada daunselada dapat melancarkan pencernaan. Dengan konsumsi daun selada dapat membantu menurunkan berat bada dengan lancarnya sistem yang ada pada pencernaan tubuh dan dapat membantu mengontrol berat badan. Kandungan serat yang ada pada selada juga dapat mengeluarkan garam empedu yang ada pada tubuh.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Selada yang mengandung beragam nutrisi juga mineral mampu memperkuat sistem imun tubuh menjadi lebih baik juga dalam melawan berbagai macam bakteri ataupun virus yang disebabkan oleh radikal bebas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *