5 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Kumis kucing merupakan tanaman apotek hidup yang mudah untuk dirawat maupun dikembangbiakkan.

5 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

5 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Kumis kucing memiliki banyak manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, selain itu kucing juga dapat mengobati berbagai macam penyakit yang ada didalam tubuh. Cara mengolah kumis kucing juga cukup mudah dilakukan, ambil beberapa buah daun yang ada pada tanaman kumis kucing tersebut lalu tambahakan air secukupnya dan rebus sampai matang kemudian air rebusan kumis kucing sudah dapat langsung diminum. Berikut ini beberapa manfaat kumis kucing yang dapat diketahui manfaatnya :

1.Mengobati gusi bengkak

Air rebusan kumis kucing dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak atau juga yang diakibatkan karena infeksi gusi hingga berdarah dengan cara berkumur-kumur dengan air rebusan kumis kucing tersebut. Dengan berkumur secara rutin dengan air rebusan kumis kucing tersebut maka rasa nyeri juga bengkak yang ada pada gusi dapat diobati.

2. Mengontrol kadar gula darah

Untuk penderita diabetes manfaat kumis kucing sangat baik untuk mengatasi penyakit tersebut. Konsumsi air rebusan kumis kucing atau ekstrak daun kumis kucing dapat membantu mengontrol kadar gula darah juga membantu mengobati penyakit diabetes dengan baik. Anjuran konsumsi air rebudan kumis kucing 3 kali sehari setengah gelas.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun kumis kucing mengandung methylripariochromene yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit stroke juga serangan jantung. Konsumsi daun kumis kucing dengan cara merebusnya kemudian tambahkan air secukupnya lalu tunggu sampai mendidih dan air tersebut dpata dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin dan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Detoksifikasi

Daun kumis kucing dapat bermanfaat mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh. Konsumsi air rebusan kumis kucing dapat menjadi detoksifikasi tubuh dengan baik juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan sehat.

5. Anti jamur

Daun kumis kucing mengandung antioksidan yang baik untuk mengatasi masalah jamur yang ada pada tubuh juga dapat menghilangkan infeksi yang diakibatkan oleh jamur tersebut. Daun kumis kucing dapat dikonsumsi namun tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang karena dapat menggangu sistem kesehatan didalam tubuh jika berlebihan mengonsumsinya. Juga pada wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi daun kumis kucing dikarenakan tidak baik untuk kesehatan wanita tersebut juga mengganggu pertumbuhan janin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *