Mengapa Perut Terasa Mual Ketika Sedang Lapar?

Mengapa Perut Terasa Mual Ketika Sedang Lapar?

Mual termasuk salah satu gejala yang menunjukkan adanya masalah pada sistem pencernaan. Kondisi inilah yang menjadi penyebab munculnya rasa mual ketika anda merasa lapar. Menurut dr Christine Lee, selaku ahli gastroenterologis di Cleveland Clinic mengungkapkan bahwa lapar memang dapat membuat perut terasa mual. Hal tersebut karena perut manusia akan membentuk asam lambung atau asam klorida yang berperan sebagai pengolah makanan untuk dijadikan sebagai energi.

Saat anda belum makan dalam jangka waktu yang cukup lama ataupun merasa lapar maka tidak menutup kemungkinan asam lambung akan menumpuk di bagian perut. Untuk asam lambung yang menumpuk tersebut akan naik ke kerongkongan sehingga memicu munculnya refluk asam. Efek yang akan dirasakan yakni terasa mual hingga ingin muntah.

Ketika lapar, telat makan ataupun muncul rasa mual, maka anda harus pintar – pintar dalam memilih berbagai jenis makanan untuk meredakan rasa mual tersebut. Berikut merupakan contoh makanannya,

• Sop Ayam

Sop ayam termasuk makanan yang dapat dikonsumsi ketika munculnya rasa mual dan lapar. Ini karena sop ayam dengan kuah yang hangat bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat baik saat anda sedang mual. Selain itu, makanan ini juga bisa membantu mencegah dehidrasi serta elektrolitnya untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh yang sedang lapar.

• Konsumsi Pisang

Kandungan berupa kalium pada buah pisang dipercaya dapat membantu dalam memulihkan rasa mual. Rasa pisang yang cenderung hambar serta dapat dijadikan sebagai salah satu makanan pembuka untuk perut yang masih terasa mual. Setelah mengonsumsi pisang, barulah anda diperbolehkan untuk makan makanan padat lainnya.

• Makan Nasi

Nasi merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika rasa lapar melanda. Meskipun hambar, nasi sangat mudah dicerna oleh lambung dan juga usus. Hal tersebut mungkin lebih baik ketimbang anda langsung makan makanan berminyak, pedas maupun beraroma kuat.

Perlu diketahui, bahwa makanan berminyak ataupun pedas dapat menyebabkan mual tersebut semakin terasa. Tidak hanya itu, nasi juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin menambah energi ketika sedang lapar.

• Usahakan Jangan Lupa Meminum Air Mineral

Minumlah segelas air putih ketika sedang lapar. Ini karena air putih dipercaya dapat membantu anda agar tetap terhidrasi serta menghindari sakit kepala yang mungkin bisa muncul akibat efek lapar dan mual.